Visi dan Misi
Visi, Misi dan Tujuan
A. Visi
Berprestasi, Berbudaya Berdasarkan Iman dan Taqwa
Indikator Visi
Terwujudnya lulusan yang bermutu, yaitu lulusan yang berprestasi dalam bidang akademik dan nonakademik.
Terwujudnya dokumen KTSP secara lengkap, dokumen pertama dan kedua (silabus dan RPP) yang sesuai dengan kebutuhan dan konteks sekolah.
Terwujudnya proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) dengan menggunakan pendekatan CTL.
Terwujudnya pendidik dan tenaga kependidikan yang memenuhi syarat kualifikasi akademik (S1 dan D3) dan mempunyai kompetensi profesional.
Terwujudnya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dari segi kuantitas dan kualitas.
Terwujudnya pengelolaan sekolah berdasarkan konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).
Terwujudnya pembiayaan yang memadai dan pengelolaan keuangan yang tertib, transparan, dan akuntabel, dengan memberdayakan semua pihak terkait.
Terwujudnya sistem penilaian yang menyeluruh, otentik, objektif, dan berkelanjutan.
B. Misi
Memujudkan lulusan yang bermutu, yaitu berprestasi bidang akademik dan nonakademik, dengan pembelajaran dan pelatihan yang intensif.
Mewujudkan dokumen KTSP secara lengkap, dokumen pertama dan kedua (silabus dan RPP), yang sesuai dengan kebutuhan dan konteks sekolah.
Melaksanakan proses pembelajaran yang aktif, kretatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) dengan menggunakan pendekatan CTL.
Mewujudkan pendidik dan tenaga kependidikan yang memenuhi syarat kualifikasi akademik dan kompetensi profesional dengan studi lanjut dan berbagai pelatihan.
Mewujudkan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dari segi kuantitas dan kualitas.
Melaksanakan pengelolaan sekolah berdasarkan konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).
Mewujudkan pembiayaan yang memadai dan pengelolaan keuangan yang tertib, transparan, dan akuntabel, dengan memberdayakan semua pihak terkait.
Melaksanakan sistem penilaian yang menyeluruh, otentik, objektif, dan berkelanjutan.
C. Tujuan
1. Misi Pertama: Memujudkan lulusan yang bermutu, yaitu lulusan yang berprestasi akademik dan nonakademik, dengan pembelajaran dan pelatihan yang intensif.
Tujuan dari misi pertama di atas adalah sebagai berikut:
a. Menghasilkan lulusan dengan NUN dan NUS rata-rata 8,00.
b. Menghasilkan prestasi lomba mata pelajaran, menjadi juara I di tingkat kecamatan.
c. Menghasilkan prestasi lomba atletik, menjadi juara I di tingkat kecamatan.
d. Menghasilkan angka rata-rata KKM 72 dengan minimal KKM tiap mata pelajaran 65.
2. Misi Kedua: Mewujudkan dokumen KTSP secara lengkap, dokumen pertama dan kedua (silabus dan RPP), yang sesuai dengan kebutuhan dan konteks sekolah.
Tujuan dari misi kedua di atas adalah sebagai berikut:
a. Menghasilkan dokumen pertama KTSP yang sesuai dengan harapan dan keberadaan sekolah.
b. Menghasilkan dokumen kedua KTSP (silabus dan RPP)
c. Menghasilkan pemahaman yang mendalam mengenai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang terdapat pada Standar Isi.
3. Misi Ketiga: Melaksanakan proses pembelajaran yang aktif, kretatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) dengan menggunakan pendekatan CTL.
Tujuan dari misi ketiga di atas adalah sebagai berikut:
a. Menghasilkan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM).
b. Menghasilkan perangkat pembelajaran (silabus, RPP, dan Lembar Kerja) yang mendukung proses pembelajaran PAKEM.
c. Menghasilkan media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran PAKEM.
4. Misi Keempat: Mewujudkan pendidik dan tenaga kependidikan yang memenuhi syarat kualifikasi akademik dan kompetensi profesional dengan studi lanjut dan berbagai pelatihan.
Tujuan dari misi keempat di atas adalah sebagai berikut:
a. Menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan yang memenuhi syarat minimal kualifikasi akademik (S1 untuk pendidik, D
III untuk tenaga kependidikan).
b. Menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan yang mampu mengoperasikan komputer dengan program word, excel, dan powerpoint.
5. Misi Kelima: Mewujudkan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dari segi kuantitas dan kualitas.
Tujuan dari misi kelima di atas adalah sebagai berikut:
a. Menghasilkan prasarana pendidikan yang memadai dari segi kuantitas dan kualitas.
b. Menghasilkan media/ alat peraga yang memadai untuk proses pembelajaran.
c. Menghasilkan sejumlah buku pelajaran, fiksi, nonfiksi, dan referensi yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru.
d. Menghasilkan situasi lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, sehat, dan indah, yang mendukung proses pembelajaran.
6. Misi Keenam: Melaksanakan pengelolaan sekolah berdasarkan konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).
Tujuan dari misi keenam di atas adalah sebagai berikut:
a. Menghasilkan Rencana Kerja Sekolah yang terdiri atas Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT), yang di dalamnya terdapat Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).
b. Menghasilkan Struktur Organisasi yang sesuai dengan kondisi sekolah dilengkapi dengan rincian tugas yang jelas.
c. Menghasilkan mekanisme pengelolaan sekolah dari PPDB sampai kelulusan berdasarkan Permendiknas Nomor 19 Tahun 2011.
d. Menghasilkan tata tertib pendidik tenaga kependidikan dan siswa sesuai dengan kondisi sekolah.
e. Menghasilkan nilai akreditasi sekolah dengan predikat minimal B.
7. Misi Ketujuh: Mewujudkan pembiayaan yang memadai dan pengelolaan keuangan yang tertib, transparan, dan akuntabel, dengan memberdayakan semua pihak terkait.
Tujuan dari misi ketujuh di atas adalah sebagai berikut:
a. Menghasilkan jalinan kerja sama dengan lembaga lain dalam penggalangan dana penyelenggaraan pendidikan.
b. Menghasilkan pengelolaan keuangan yang tertib, transparan, dan akuntabel.
8. Misi Kedelapan: Melaksanakan sistem penilaian yang menyeluruh, otentik, objektif, dan berkelanjutan.
Tujuan dari misi kedelapan di atas adalah sebagai berikut:
a. Menghasilkan pemahaman yang benar mengenai prosedur dan jenis penilaian menurut Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007.
b. Menghasilkan format daftar nilai yang mengakomodasi berbagai jenis dan bentuk penilaian.
c. Menghasilkan format analisis ulangan harian yang benar.
d. Menghasilkan kemampuan menulis soal dengan benar.