• Home
  • Berita
  • SELEKSI CALON PENGURUS OSIS DI MASA PANDEMI 2020

SELEKSI CALON PENGURUS OSIS DI MASA PANDEMI 2020

osis depanAgenda tahunan bidang kesiswaan SMP Negeri 8 Purworejo adalah seleksi calon pengurus OSIS. Seleksi ini dilakukan secara terbuka dan seluruh peserta didik baik kelas VII dan VIII memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti seleksi tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk memilih calon pengurus OSIS yang memiliki karakter baik dan berkeinginan kuat mengembangan SMP Negeri 8 Purworejo di segala bidang.


Ibu Kusnaeni, M.Pd., Kepala SMP Negeri 8 Purworejo mengatakan bahwa semua peserta didik boleh mengikuti seleksi calon pengurus OSIS. Yang terpenting adalah calon pengurus OSIS haruslah berdedikasi tinggi dalam mengembangkan almamaternya. “Calon pengurus OSIS yang terpilih nantinya harus selalu membantu menjaga nama baik SMP Negeri 8 Purworejo dan turut serta dalam mengharumkan nama besar sekolah melalui program-program OSIS”, ujarnya.


Untuk menjadi pengurus OSIS, ada beberapa tahapan yang harus diikuti oleh para peserta seleksi. Hendri Diantoro, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan menjelaskan bahwa tahun ini SMP Negeri 8 Purworejo menggunakan 2 (dua) jenis tahapan seleksi, yaitu seleksi online dan seleksi offline. Hal tersebut dilakukan karena situasi pandemi yang belum usai. “Meskipun pandemi, kita harus tetap mengadakan seleksi calon pengurus OSIS karena masa bakti pengurus sebelumnya sudah habis,” Hendri Diantoro menambahkan.

osis 2
Seleksi online telah dilaksanakan pada tanggal 27 dan 28 November 2020 diikuti sebanyak 111 peserta didik kelas VII dan 89 peserta didik kelas VIII. Adapun tahapan seleksi online yaitu dengan mengirimkan video profil masing – masing peserta seleksi dan data pribadi seperti prestasi, keunggulan yang dimiliki, serta alasan mengikuti seleksi calon pengurus OSIS 2020. Tim penilai dari tahapan ini adalah para pengurus OSIS yang didampingi oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan.


Dari seleksi online terpilihlah 36 peserta kelas VII dan 50 peserta kelas VIII yang maju ke tahapan seleksi offline yang dilaksanakan pada tanggal 14 dan 15 Desember 2020 Pukul 07.00 – 11.00 WIB yang dibagi ke dalam 2 (dua) sesi. Dalam seleksi offline ini, ada beberapa tahapan tes yang harus diikuti peserta. Tahap pertama adalah seleksi kemampuan berpidato atau berbicara di depan umum. Dilanjutkan dengan tes kemampuan menyampaikan pendapat. Tahap ke tiga adalah tes bakat dan minat yang diakhiri dengan tahapan wawancara. Seluruh tim penilai adalah pengurus OSIS dan didampingi oleh Bapak/Ibu guru pembina OSIS.

osis 3
Itulah rangkaian seleksi calon pengurus OSIS masa bakti 2020/2021 di era pandemic ini. Setelah tahapan seleksi berakhir, maka akan dipilih 23 peserta didik untuk menjadi pengurus OSIS. Selamat berjuang, kelak kalian akan menjadi contoh bagi seluruh peserta didik SMP Negeri 8 Purworejo dalam memberikan yang terbaik untuk almamater. Bagi yang tidak terpilih, jangan patah semangat.