SMP NEGERI 8 PURWOREJO RAIH PRESTASI KEPRAMUKAAN TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH

Gudep depanKegiatan Visitasi Lomba Gugus Depan Mantap oleh Tim Visitasi Gugus Depan Mantap Kwartir Daerah Jawa Tengah pada Rabu (25/8).

Di tengah pandemi Covid-19, SMP Negeri 8 Purworejo tetap produktif dalam mengukir prestasi. Terbukti dalam acara “Malam Anugerah Pandu Citraloka” pada Sabtu, 28 Agustus 2021 yang dihelat oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah, SMP Negeri 8 Purworejo meraih dua penghargaan sekaligus. SMP Negeri 8 Purworejo meraih predikat Juara 1 Kamabigus Penggalang Berprestasi dan Tergiat 1 Gugus Depan (Gudep) Mantap. Pengumuman penghargaan ini disaksikan melalui Zoom Meeting oleh Kamabigus; segenap Pembina Pramuka; Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga, Drs. H. Sunaryo, M.Pd.; dan Ketua Komite SMP Negeri 8 Purworejo, Drs. H. Muh Wuryanto, M.M. di aula SMP Negeri 8 Purworejo.


Juara 1 Kamabigus Penggalang Berprestasi tingkat Kwarda Jawa Tengah diraih oleh Kusnaeni, M.Pd. selaku Kamabigus Gudep 03.075-03.076 Pangkalan SMP Negeri 8 Purworejo dengan skor 896,25. Aspek yang dinilai meliputi portofolio, tes tertulis, best practice, presentasi, dan wawancara. Melalui 8 jurus “PAMUNGKAS”, ia berhasil mendapatkan nilai maksimal pada setiap aspek penilaian Kambigus Berprestasi. Delapan jurus “PAMUNGKAS” tersebut, yaitu (1) Pemakaian seragam Pramuka, (2) Apel pengibaran bendera Merah Putih dan bendera Pramuka, (3) Menyanyikan lagu “Indonesia Raya dan Hymne Pramuka serta pengucapan Dasa Dharma, (4) UNGkap makna dan pesan lagu nasional serta memperdengarkannya, (5) Galang kepedulian sosial, (6) Kenali tokoh nasional dan sejarah bangsa, (7) Ajak janji dan doa untuk negeri, dan (8) Salam dan hormat pada sesama.

Pengumuman Lomba GugusPengumuman Secara Online Kejuaraan Lomba Gudep Mantap Tingkat Kwarda Jawa Tengah


Sementara itu, Gugus Depan Mantap 03.075-03.076 Pangkalan SMP Negeri 8 Purworejo meraih Tergiat 1 Gudep Mantap Tingkat Kwarda Jawa Tengah. Terdapat 8 aspek penilaian Gudep Mantap meliputi manajemen dan administrasi; sumber daya manusia; keuangan dan sarana prasarana; kegiatan; proses pencapaian SKU, SKK, dan SPG; prestasi; kemitraan; serta kehumasan.


Saat penilaian portofolio, Gudep 03.075-03.076 berada di posisi ketiga se-Jawa Tengah dengan skor 752.24, tetapi melalui presentasi oleh Kamabigus, Kagudep, dan Pembina Satuan, serta kegiatan visitasi yang dilakukan oleh Tim Visitasi Kwarda Jawa Tengah pada Rabu, 25 Agustus 2021, Gudep 03.075-03.076 berhasil meraih skor maksimal. Oleh karena itu, Gudep Mantap 03.075-03.076 Pangkalan SMP Negeri 8 Purworejo dinobatkan sebagai Tergiat I Gugus Depan Mantap Tingkat Kwarda Jawa Tengah Tahun 2021.

Juara 1

Kategori Gugus Depan Mantap SMP/MTs Tingkat Kwarda Jateng, Gudep SMP N 8 Purworejo Juara Tergiat 1 


Kusnaeni, M.Pd, selaku Kepala SMP Negeri 8 Purworejo sekaligus Kamabigus Gudep 03.075-03.076 Pangkalan SMP Negeri 8 Purworejo menyampaikan rasa terima kasih atas prestasi membanggakan ini. “Kami ucapkan selamat dan sampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dan bekerja keras untuk mengukir prestasi ini. Alhamdulillah, perjuangan yang berdarah-darah tanpa mengenal rasa lelah membuahkan hasil yang indah.” Kusnaeni, M.Pd. berharap agar penghargaan ini menjadi pelecut semangat untuk terus berkarya dan berprestasi walaupun di tengah pandemi.

SMP NEGERI 8 PURWOREJO SUKSES GELAR WISUDA TAHFIDZ AL-QUR’AN JUZ 30 ANGKATAN PERTAMA

tahfid 1

Santri yang diwisuda bersama Kepala Sekolah, Pengawas Dindikpora, Ketua Komite,
dan Perwakilan STAIAN Purworejo

SMP Negeri 8 Purworejo sukses menyelenggarakan wisuda tahfidz Al-Qur’an juz 30 angkatan pertama pada Sabtu, 28 Agustus 2021. Kegiatan yang mengusung tema “Wujudkan Generasi Qur’ani” ini diselenggarakan di aula SMP Negeri 8 Purworejo dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Sebanyak empat belas santri yang terdiri atas dua santri putra dan dua belas santri putri diwisuda pada acara tersebut. Santri-santri tersebut merupakan siswa kelas VII dan kelas VIII yang telah hafal juz 30 di bawah bimbingan Sekolah Tinggi Agama Islam An-Nawawi (STAIAN) Purworejo.

tahfid 2Ketua Komite mengalungkan samir kepada santri

Acara yang juga disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube SMP Negeri 8 Purworejo ini dibuka dengan penampilan istimewa dari grup hadroh SMP Negeri 8 Purworejo, Ashabul Jannah. Grup hadroh tersebut terdiri atas siswa kelas VIII dan kelas IX. Setelah penampilan menarik dari tim hadroh, acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan terjemahannya oleh Agung Cahyono (VIII A) dan Galih Kery Asmara Winanti (IX B).

tahfid 3Kepala Sekolah menyematkan mahkota kepada santri

Kusnaeni, M.Pd. selaku Kepala SMP Negeri 8 Purworejo dalam sambutannya mengatakan bahwa wisuda tahfidz Al-Qur’an juz 30 ini merupakan program unggulan SMP Negeri 8 Purworejo dan akan dilaksanakan dua kali dalam setahun. Diharapkan pada wisuda angkatan berikutnya akan makin banyak santri yang diwisuda. Ketua Komite SMP Negeri 8 Purworejo, Drs. H. Muh. Wuryanto, M.M., dalam sambutannya menyampaikan terima kasih untuk dukungan orang tua. “Saya mengucapkan terima kasih kepada orang tua atau wali siswa yang selalu mendukung kegiatan-kegiatan untuk mengoptimalkan prestasi SMP Negeri 8 Purworejo karena pada akhirnya, semua itu untuk anak-anak.” Sementara itu, Drs. H. Sunaryo, M.Pd. selaku Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahrga berharap agar program ini terus berjalan dan dapat menjadi teladan bagi sekolah lain untuk menyelenggarakan program serupa.

tahfid 4Para santri bersimpuh di hadapan orang tua

Pada prosesi wisuda tersebut, para santri yang mengenakan pakaian serba putih diuji hafalannya oleh Ketua Komite SMP Negeri 8 Purworejo, perwakilan dari Sekolah Tinggi Agama Islam An-Nawawi sebagai pengampu kegiatan tahfidz di SMP Negeri 8 Purworejo, dan perwakilan pengurus Parenting. Setelah itu, para santri bersama-sama melantunkan surat Ad-Duha hingga surat An-Nas dan diakhiri dengan membaca solawat. Kemudian, doa khatam dilantunkan oleh Ketua OSIS SMP Negeri 8 Purworejo, Eka Putri Nurkhasanah.


Sebagai tanda tercapainya prestasi para santri menghafal Al-Quran juz 30, para santri mendapat samir dan mahkota. Pengalungan samir kepada para santri dilakukan oleh Drs. H. Muh. Wuryanto, M.M, sedangkan penyematan mahkota kepada para santri dilakukan oleh Kusnaeni, M.Pd. Kusnaeni, M.Pd. juga memberikan kenang-kenangan untuk para santri berupa Al-Qur’an. Beliau berharap Al-Qur’an tersebut dapat menjadi teman sekaligus pelecut semangat para santri untuk terus menghafal dan mengamalkan Al-Qur’an.


Rasulullah SAW bersabda, ”Barangsiapa yang menghafal Al-Quran dan mengamalkan isinya, maka kelak akan dipakaikan mahkota kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat”. Oleh karena itu, sebagai tanda bakti seorang anak kepada orang tua, para santri menyerahkan mahkota yang baru saja didapatkan kepada ayah dan ibu mereka. Para santri bersimpuh dan mengucapkan terima kasih atas segala dukungan dan doa yang tiada terputus untuk mereka. Suasana haru mengiringi prosesi ini hingga air mata santri, orang tua, bahkan yang hadir di tidak dapat tertahan lagi.

tahfid 5Grop hadroh SMP N 8 Purworejo

Setelah prosesi wisuda selesai, acara dilanjutkan dengan mauidhotul hasanah yang disampaikan oleh H. Yazid Al Ansori, M.Pd., Ketua Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) STAIAN Purworejo. Beliau mengajak hadirin untuk senantiasa mencintai Al-Quran agar hidup bisa tenteram. Selain itu, Al-Quran dapat menjadi solusi bagi masalah-masalah kehidupan. Beliau juga menyatakan apresiasinya terhadap program tahfidz SMP Negeri 8 Purworejo. “Hasil luar biasa. Untuk kelasnya SMP negeri, unggulan tahfidz Al-Qur’an juz 30 baru kali ini ada di Purworejo.” Hal ini makin menguatkan komitmen SMP Negeri 8 Purworejo untuk terus menggaungkan program tahfidz Al-Quran juz 30 sebagai program unggulan.

MELALUI GOOGLE MEET DAN YOUTUBE, MPLS TAHUN AJARAN 2021/2022 SUKSES DIGELAR

mpls atasPembukaan MPLS Daring

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan masa pengenalan lingkungan sekolah untuk peserta didik baru. Kegiatan tersebut penting dilaksanakan agar para peserta didik yang sudah tidak menyandang status sebagai peserta didik SD dapat mempersiapkan diri untuk menjadi peserta didik SMP di lingkungan yang baru. 

Pada tahun ajaran 2021/2022, kegiatan MPLS SMP Negeri 8 Purworejo dilaksanakan selama tiga hari, dimulai dari Senin sampai Rabu, 12 sampai 14 Juli 2021. Kegiatan MPLS  terpaksa dilakukan secara virtual (daring) dikarenakan penyebaran Corona Virus yang belum juga reda. 

Meski tak bertatap muka secara langsung, tetapi peserta didik baru SMP Negeri 8 Purworejo nampak antusias dan semangat dalam mengikuti MPLS secara daring. Sebanyak 192 peserta didik mengikuti pembukaan MPLS daring yang disiarkan langsung melalui official account Youtube SMP Negeri 8 Purworejo. Pembukaan MPLS daring dilakukan oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 8 Purworejo, Kusnaeni, M.Pd., Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Hendri Diantoro, S.Pd., dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Toharudin, S.Pd. 

mpls bawah 3

Penyampaian Materi MPLS oleh Hendri Diantoro, S.Pd.

Pembukaan MPLS dimulai pukul 07.45, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama – sama. Dilanjutkan dengan sambutan Kepala SMP Negeri 8 Purworejo, Kusnaeni, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan selamat kepada seluruh peserta didik kelas VII yang telah dinyatakan diterima di SMP Negeri 8 Purworejo, sekolah pencetak generasi unggul dan berkarakter. Beliau berharap setelah mengikuti kegiatan MPLS, peserta didik lebih mantap dan siap menempuh pendidikan di SMP Negeri 8 Purworejo untuk meraih prsetasi-prestasi yang gemilang. Selanjutnya beliau menjelaskan secara umum terkait SMP Negeri 8 Purworejo. 

mpls

Pemateri MPLS Bpk. Toharudin, S.Pd. dan Bpk. Sopan Suwidar Y., S.Pd.,M.M.

Pada MPLS hari pertama ini, peserta didik baru menerima berbagai materi terkait pengenalan kurikulum, tata tertib dan kedisiplinan, cara belajar efektif, etika dan budi pekerti, OSIS dan Pramuka, perkenalan guru, dan kegiatan ekstrakurikuler melalui Google Meet dan Youtube. Materi-materi tersebut dibagi dalam tiga hari untuk masing-masing kelas. Pada akhir penyajian materi, peserta didik baru mengerjakan penugasan yang diberikan sebagai tindak lanjut atas materi yang telah disampaikan. Walaupun MPLS dilaksanakan secara daring, semoga para peserta didik baru dapat mengenal lingkungan sekolah dengan baik sehingga mereka siap untuk mengikuti tahun pelajaran baru agar menjadi peserta didik yang unggul dan berkarakter.  

IN HOUSE TRAINING (IHT) PENYUSUNAN PROGRAM SEKOLAH DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TAHUN AJARAN 2021/2022

iht atas

In House Training (IHT) merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh  sekolah dalam rangka penyusunan program dalam satu tahun ajaran yang akan datang. Bertempat di Aula SMP Negeri 8 Purworejo, Kamis hingga Jumat, 8 dan 9 Juli 2021  dilaksanakan kegiatan IHT untuk menyusun program kerja lima bidang, yaitu: kurikulum, kesiswaan, sarana dan prasarana, humas, dan Tata Usaha. Selain itu, pada kegiatan IHT kali ini, terdapat paparan dan diskusi mengenai penilaian, perhitungan hari efektif, AKM, KKM, dan RPP.  Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dihadiri oleh seluruh guru dan karyawan Tata Usaha SMP Negeri 8 Purworejo. 

Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, kegiatan IHT SMP Negeri 8 Purworejo dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Purworejo, Sukmo Widi Harwanto, S.H., M.M. Dalam sambutan singkatnya, beliau memberikan semangat dan motivasi kepada para guru dan karyawan untuk tetap semangat dalam melaksanakan pembelajaran di tengah pandemi Covid-19.  “Aturan PPKM dari Pemerintah harus kita patuhi. Bapak Ibu harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, baik di sekolah, di rumah, bahkan di manapun Bapak Ibu berada karena saat ini kasus Covid-19 makin meningkat,” terang beliau. 

iht atas 2

Kusnaeni, M.Pd., Kepala SMP Negeri 8 Purworejo dalam sambutannya mengungkapkan bahwa IHT merupakan kegiatan yang rutin diadakan oleh sekolah pada setiap awal tahun ajaran baru. “Diharapkan dengan program yang kita susun bersama-sama, akan didapatkan program kerja yang maksimal dan efektif yang berujung pada tercapainya tujuan-tujuan yang telah ditetapkan,” papar Kusnaeni, M.Pd. Pada kesempatan tersebut, Kusnaeni, M.Pd., juga menyampaikan terkait prestasi-prestasi yang diraih oleh SMP Negeri 8 Purworejo pada masa pandemi, salah satunya Juara 1 Kamabigus Berprestasi Tingkat Kwarda Jawa Tengah Tahun 2021. 

Ketua Komite SMP Negeri 8 Purworejo, Drs. Muh. Wuryanto, MM., turut memberikan sambutan dalam acara tersebut. “Saya berterima kasih kepada Bapak Ibu Guru yang telah memberikan pelayanan yang terbaik untuk para peserta didik,” ujar Drs. Muh Wuryanto. Beliau juga berpesan agar para guru dapat tetap memantau para peserta didik dalam pembelajaran daring agar tetap dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Beliau menjelaskan bahwa anak-anak SMP kadang masih terdistraksi dengan aktivitas yang lain ketika pembelajaran berlangsung.

 Setelah pembukaan IHT selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan narasumber, Drs. Sunaryo, M.Pd., pengawas SMP, terkait penilaian pembelajaran. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemaparan pogram kerja dari masing-masing bidang. Acara IHT hari pertama berakhir pada pukul 15.30 WIB. 

iht tengah1

Pada hari kedua, Kasi Kurikulum SMP Kabupaten Purworejo, Drs. Paryono, M.Pd., menyampaikan paparan terkait Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Beliau juga memberikan motivasi kepada segenap guru dan karyawan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi peserta didik. Kemudian, acara dilanjutkan dengan diskusi penyusunan perangkat pembelajaran. Acara IHT berakhir pada pukul 15.15 WIB.

PRESTASI SMP NEGERI 8 PURWOREJO PADA POPDA 2021

popda atas

Pemain Basket Putri dan Pembina

Pandemi Covid-19 belum berakhir. Berbagai kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Salah satu kegiatan yang berlangsung di tengah pandemi Covid-19 ini adalah POPDA 2021. POPDA 2021 berlangsung tanpa adanya sorak sorai penonton di lokasi pertandingan. Namun, hal tersebut tidak mengurangi kemeriahan acara ini sebab para pentonton dapat menyaksikan jagoannya siaran Youtube atau Instagram Live. 

SMP Negeri 8 Purworejo tidak ketinggalan menerjunkan tim-tim terbaiknya untuk bertanding dalam berbagai cabang olahraga pada POPDA 2021. Cabang lomba yang diikuti tim SMP Negeri 8 Purworejo adalah lomba basket putri, lomba pencak silat beregu, lomba lari 100 meter putri, lomba bulutangkis putra, dan lomba taekwondo. Dengan latihan yang intensif dan doa serta dukungan segenap warga sekolah, tim SMP Negeri 8 Purworejo berhasil membawa pulang piala dalam lomba-lomba tersebut. 

Bertempat di GOR/lapangan basket SMA Negeri 7 Purworejo, Tim Basket Putri SMP Negeri 8 Purworejo berhasil sampai ke babak final melawan Tim Basket Putri SMP Negeri 5 Purworejo. Babak final yang diselenggarakan pada 24 Juni 2021 tersebut mengukuhkan Tim Basket Putri SMP Negeri 8 Purworejo sebagai Juara I. Ada pun siswa yang tergabung dalam Tim Basket Putri, yaitu Alfi Nurlaili Anjani, Irene Naysila Tiara Rahmadanti, Salma Nurul Fauziyah, Jovita Rahma Afryani, Adelya Salsa Bella, Dinda Nugraheni Sekarsari, Callista Puja Rahmadani, Fathimah Fikriyatul Faidah, Erlyanasari, Wahyu Lukitaningsih, Rahiidah Nurjihan, dan Shofi Johan Syah. 

popda tengahInas Ardianasari dan Ibu Kusnaeni, M.Pd.

Juara I juga didapatkan pada kategori lomba pencak silat beregu. Lomba yang dilaksanakan di Padepokan Silat Purworejo tersebut mengantarkan Inas Ardianasari sebagai Juara I. Pada kategori lomba lari 100 meter putri yang dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2021 di Stadion Sarwo Edhie Wibowo, tim SMP Negeri 8 Purworejo memperoleh dua nomor sekaligus atas nama Sekartaji Mijil sebagai juara II dan Callista Puja Rahmadani sebagai juara III.  

Pada kejuaraan bulutangkis putra yang dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2021 di GOR GSH Purworejo,  Aditya Zulfikar berhasil memperoleh Juara III. Sementara itu, lomba taekwondo dilaksanakan pada 20 Maret 2021 di SMA Negeri 6 Purworejo. Melalui klubnya, Rahma Anisnasari, Wahyu Lukita, dan Nabila Elysia berhasil mendapat juara III. 

Noorzein Rohmatullah, S.Pd., selaku Guru Penjaskes SMP Negeri 8 Purworejo mengungkapkan kebanggaan dan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah berkontribusi dalam gelaran POPDA 2021. “Kami sangat bersyukur dan bangga terhadap prestasi yang berhasil diraih para siswa. Terima kasih kami sampaikan kepada anak-anak kami yang telah berjuang. Terima kasih kalian sudah mau berusaha memberikan yang terbaik untuk diri sendiri, orang tua, dan sekolah. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Bu Kusnaeni selaku kepala sekolah, segenap bapak ibu guru, para pelatih, dan segenap orang tua yang telah memberi dukungan dan doa. Semoga tahun depan prestasi keolahragaan bisa makin meningkat,” pungkasnya.